Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Xiaomi 2024

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi
tekno99.com - Bagi anda yang sedang mencari tentang Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Xiaomi, tenang saja karena di artikel ini kami sudah sediakan ulasannya untuk anda.

Bagi para pengguna smartphone Xiaomi yang masih memiliki ruang penyimpanan yang kecil pasti sering mendapatkan notif ruang penyimpanan hampir habis.

Pasti hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat smartphone yang anda gunakan menjadi sangat lemot dan tidak bisa berjalan dengan normal.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada aplikasi yang anda akses, misalnya saja Youtube, saat anda sedang menonton video di Youtube pasti akan lola atau video tersebut tersedat-sedat.

Hal seperti ini memang sering terjadi pada smartphone dengan memori internal yang kecil, walaupun anda sudah menggunakan memori eksternal, hal ini juga akan tetap terjadi.

Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meringankan kapasitas ruang penyimpanan pada smartphone Xiaomi yang anda gunakan.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi. Bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui caranya, maka anda bisa simak penjelasan dibawah ini sampai selesai.

1. Menghapus File Tersembunyi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi - Hapus File Tersembunyi
Untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada HP xiaomi anda, yaitu bisa dengan cara menghapus file atau data tersembunyi akibat penggunaan aplikasi setiap harinya pada HP anda.

Berikut ini cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi dengan cara menghapus file atau data-data tersembunyi:
  • Pertama, buka menu pengaturan pada HP Xiaomi yang anda gunakan.
  • Selanjutnya pilih opsi Penyimpanan, lalu biarkan sebentar agar HP anda akan menghitung seluruh penyimpanan.
  • Setelah itu, anda bisa tekan data dan cache.
  • Kemudian akan muncul sebuah pemberitahuan untuk hapus, lalu anda tinggal pilih Oke.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan Dan Tidak Penting

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi - Hapus Aplikasi Bawaan Dan Tidak Penting
Seperti dilansir dari situs detikcnet.com, untuk cara berikutnya, anda bisa nonaktifkan aplikasi bawaan dan menghapus aplikasi lainnya yang tidak penting.

Berikut ini cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi dengan cara menonaktifkan aplikasi bawaan dan menghapus aplikasi lainnya yang tidak penting:
  • Pertama, anda bisa buka menu pengaturan yang ada di HP anda.
  • Kemudian pilih opsi aplikasi, lalu pilih opsi kelola aplikasi dan klik opsi Uninstall.
  • Selanjutnya anda bisa pilih aplikasi yang tidak penting yang akan anda hapus.
  • Setelah itu, anda tinggal tekan tombol Unistall yang ada di bagian bawah untuk menghapus aplikasi yang tidak penting tersebut.
  • Sementara itu, untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak penting anda bisa tekan lama bagina aplikasi yang akan anda nonaktifkan yang ada pada layar menu aplikasi.
  • Kemudian akan muncul sebuah pop up, anda bisa pilih opsi "info apl".
  • Lalu anda tinggal tekan tombol "Nonaktif".
  • Kalu aplikasi bawaan tersebut tidak ada opsi "Nonaktif", maka anda bisa pilih di penyimpanan, lalu pilih hapus data dan lanjut ke bagian bawah tekan copot pembaruan.

3. Mematikan Auto Update Aplikasi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi - Matikan Auto Update Aplikasi
Selain dua cara diatas, anda juga bisa mematikan auto update aplikasi untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada HP Xiaomi anda.

Berikut ini cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi dengan cara mematikan auto update aplikasi:
  • Petama, anda bisa buka aplikasi Google Play Store terlebuh dahulu.
  • Kemudian tekan ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya pilih opsi setting.
  • Lalu pilih opsi update aplikasi otomatis.
  • Setelah itu, anda bisa pilih opsi "jangan update melalui jaringan apapun".

Akhir Kata

Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara untuk mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis pada HP Xiaomi.

Semoga informas ini bisa menambah wawasan anda dan menjadi refrensi jika anda mengalami hal tersebut pada HP Xiaomi yang anda gunakan.

Anda juga bisa membagikan informasi ini kepada semua teman-teman dan saudara ataupun kerabat anda yang juga menggunakan HP Xiaomi.

Itulah seluruh bahasan kami pada artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Di HP Xiaomi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Anantya Van B. Pakar teknologi yang berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang teknologi seperti media sosial, games, gadget, komputer, aplikasi dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel