Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP 2024

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP
tekno99.com - Bagi anda yang sedang mencari tentang Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP, tenang saja karena di artikel ini kami sudah sediakan ulasannya untuk anda.

Setiap kali hendak melakukan transaksi dengan rekening Bank BRI, tentunya anda harus memasukkan PIN ATM BRI terlebih dahulu.

PIN sendiri merupakan password untuk bisa masuk ke dalam kartu ATM sehingga nasabah dapat melakukan berbagai transaksi.

Jika lupa dengan PIN sendiri, maka anda tidak diperbolehkan untuk mengakses kartu ATM meskipun anda adalah pemiliknya.

Hal ini dilakukan agar kartu tidak mudah disalahgunakan, namun ternyata tidak sedikit nasabah yang masih sering lupa PIN ATM-nya sendiri.

Sayangnya, cara cek no PIN ATM BRI tidak dapat diakses via aplikasi dan harus berkonsultasi dengan customer service BRI secara langsung.

Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk cek PIN ATM BRI adalah menggunakan HP sendiri.

Dalam penggunaannya, fasilitas PIN SMS BRI Mobile Banking serta m-Token adalah untuk menjamin keamanan transaksi yang akan dilakukan.

Penerapan untuk PIN SMS Banking BRI tidak jauh berbeda dengan penerapan saat menggunakan kartu di mesin ATM.

Nah, untuk lebih jelasnya sebaiknya anda simak ulasan ini hingga akhir yang akan kita bahas mengenai cara cek PIN ATM BRI lewat HP.


Mengapa Orang Sering Lupa PIN ATM?

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP
Mengapa Orang Sering Lupa PIN ATM?
Nasabah yang membuka rekening tabungan pasti akan memanfaatkan fasilitas kartu ATM karena dapat mempermudah berbagai transaksi keuangan.

Dengan memasukkan kartu di mesin ATM yang tersebar di hampir area umum, anda bisa menarik dana sebesar maksimal dana per hari yang ditentukan oleh masing-masing bank.

Selain untuk menarik dana tunai, ATM juga mempermudah nasabah untuk transfer uang, membayar tagihan, mengecek saldo, membeli pulsa dan lainnya.

Karena fungsinya yang sangat fundamental sehingga kartu ATM dilindungi dengan enam angka PIN rahasia hanya diketahui pemilik kartu.

Namun faktanya, banyak orang mengalami lupa PIN ATM setidaknya satu atau dua kali sehingga anda membutuhkan panduan cara cek PIN ATM BRI lewat HP.

Adapun beberapa alasan mengapa beberapa kombinasi angka PIN ATM mudah terlupakan yaitu sebagai berikut:

a. Lupa PIN ATM Karena Kehilangan Catatan Angkanya

Alasan ini sering terjadi apabila saat pembuatan PIN yaitu menggunakan kombinasi angka acak karena pilihan kombinasi angka yang terlalu acak.

Anda bisa mencatatnya di sebuah kertas agar tidak lupa, masalahnya anda justru lupa dimana tempat menyimpan catatan tersebut.

Mencatat data PIN ATM di kertas masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, ada beberapa faktor alasan salah satunya keterbatasan dalam mengingat data.

Tahukah anda, alih-alih merasa catatan PIN akun aman tersimpan di dalam dompet justru kode rahasia tersebut bisa jatuh ke tangan orang lain.

b. Kombinasi Angka yang Terlalu Sulit Sehingga Mudah Lupa PIN ATM

Karena sebuah PIN merupakan kode akses rahasia, anda memutuskan untuk membuat PIN ATM yang sulit agar tidak diketahui orang lain.

Trik ini memang bisa menjaga kode akses kartu ATM anda, namun kombinasi yang terlalu sulit bisa menjadi bumerang jika anda jarang mengakses rekening melalui mesin ATM.

Jika anda salah satu yang jarang menggunakan kartu ATM, maka usahakan memilih kombinasi angka yang tidak terlalu rumit karena suatu saat anda akan melakukan transaksi melalui ATM.

c. Lupa PIN ATM Karena Setiap ATM Beda PIN

Untuk menjaga kerahasiaan akses kartu ATM tidak jarang pemilik akun menggunakan PIN yang berbeda untuk beberapa kartu ATM yang dimiliki.

Trik ini sebenarnya tidak menjadi masalah apabila anda hanya memiliki dua kartu ATM, namun bagaimana jika anda memiliki banyak kartu ATM?.

Besar kemungkinana PIN ATM akan tertukar sehingga anda akhirnya akan lupa dengan PIN ATM yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik PIN yang akan anda buat jangan sampai PIN justru mempersulit transaksi.

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP Menggunakan Mobile Banking

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP
Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP Menggunakan Mobile Banking
Jika kartu ATM terblokir karena lupa PIN, anda bisa menggunakan Mobile Banking untuk memperbaikinya.

Cara cek pin ATM BRI lewat HP menggunakan Mobile Banking ini hanya berlaku jika rekening ATM terhubung ke Mobile Banking dan memiliki minimal dua nomor rekening.

Berikut contoh cara verifikasi PIN ATM BRI via HP yang bisa anda jadikan panduan jika mengalaminya.

Contoh:
Apabila anda memiliki rekening A dan B dan lupa nomor PIN ATM yang A, silahkan coba untuk mengirimkan uang dari rekening A ke rekening B melalui Mobile Banking.

Jika anda melakukan transfer dengan cara ini, setidaknya anda dapat menarik kiriman di Kartu B dari ATM dan segera menghubungi Customer Service Kartu A untuk mengurus PIN yang terlupa.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kartu ATM Diblokir Karena Lupa PIN?

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kartu ATM Diblokir Karena Lupa PIN?
Selain cara cek PIN ATM BRI lewat HP, anda bisa langsung pergi ke cabang bank penerbit kartu dan mengurusnya disana.

Anda tidak perlu menyiapkan surat kehilangan karena memang tidak diperlukan saat pengajuan pelaporan.

Namun, sebelumnya ada beberapa file yang perlu anda persiapkan untuk membuka kembali kartu yang terkunci yaitu sebagai berikut:
  • Buku tabungan.
  • KTP, SIM atau tanda pengenal lainnya yang sah.
  • Kartu ATM diblokir.
Selain itu, pihak Bank juga akan meminta informasi alasan pemblokiran, anda hanya perlu mengkomunikasikan yaitu salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali.

Selanjutnya, Layanan Pelanggan akan mencatat dan memverifikasi informasi yang diberikan dan setelah semuanya benar maka pemblokiran akan dicabut.

Maka setelah itu Customer Service akan meminta anda untuk memasukkan PIN lama yang diingat .

Untuk biaya pembukaan ATM yang diblokir pada setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda yaitu ada yang membebankan biaya administrasi dan tidak memungut biaya apapun.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa PIN ATM

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP
Tips Agar Tidak Mudah Lupa PIN ATM
Selain membahas mengenai cara cek PIN ATM BRI lewat HP, kami juga akan memberikan beberapa tips agar anda tidak mudah lupa dengan PIN ATM.

Mengelola kartu ATM yang terblokir sebenarnya sangat mudah karena anda dapat memprosesnya melalui sambungan telepon Call Center.

Namun, sebaiknya jika kartu ATM anda tidak terblokir karena masalah PIN yang salah karena salah memasukkan PIN dapat mempersulit proses transaksi keuangan anda.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan saat membuat PIN agar mudah diingat dan dijaga kerahasiaannya yaitu sebagai berikut:
  • Gunakan kombinasi angka yang mudah diingat.
  • Gunakan PIN ATM yang sama untuk semua ATM anda.
  • PIN harus selalu diingat.
Sama seperti kombinasi angka, pastikan bahwa anda selalu mengingat nomor PIN ATM dan tidak menuliskannya di kertas apapun.

Karena ketika kertas dan kartu ATM anda hilang secara bersamaan maka rekening anda mudah dalam bahaya.

Akhir kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara cek PIN ATM BRI lewat HP.

Saat membuat PIN ATM pastikan menggunakan kombinasi yang rumit tapi mudah diingat agar tidak mudah dibobol orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, jika anda menggunakan nomor PIN yang benar, maka transaksi yang dilakukan akan lebih aman dan mudah saat anda berada di ATM.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara cek PIN ATM BRI melalui perangkat Smartphone pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Anantya Van B. Pakar teknologi yang berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang teknologi seperti media sosial, games, gadget, komputer, aplikasi dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel